• Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Post category:News
  • Post last modified:14 September 2022
  • Reading time:5 mins read

Source : mybestid

Dalam catatan pakar kecantikan   DR. Martha Tilaar dalam bukunya ‘Kecantikan Perempuan Timur, Ibu Fatmawati, Ibu Negara Indonesia pertama,  , biasa menggunakan bunga kenanga dicampur daun pandan dan daun mangkokan yang  direbus dengan minyak kelapa sebagai bahan untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut. Ini artinya bunga kenanga adalah bunga yang sangat lekat dengan tradisi masyarakat Indonesia. Berikut aneka ramuan obat berbahan bunga kenanga yang terbagi dalam pemakian dalam dan luar:

Pemakaian Luar

Usai Melahirkan

Kadang setelah melahirkan, para ibu dihinggapi demam. Untuk mengatasinya siapkan 5 kuntum bunga kenanga, 5 kuntum bunga turi merah, rimpang kunyit, kencur, temu hitam masing-masing 10 gram, dan 25 gram asam. Tumbuk halus semua bahan dengan sedikit ditambahkan garam dan air. Setelah siap, gosokkan pada bagian  bagian punggung atau sebagai tapal pada perut. Lakukan dua kali sehari.

Rematik

Rasa sakit dan nyeri akibat rematik dapat diatasi dengan menyiapkan 12 kuntum bunga kenanga yang belum mekar, 30 gram daun srikaya, 20 gram daun ketapang, 20 gram jahe, 10 butir merica. Cuci bersih semua bahan dan  tumbuk halus berikut penambahan  tambahkan air dan kapur sirih secukupnya. Kemudian aduk semua bahan hingga tercampur rata. Untuk pemakain  gosok dan balurkan   pada bagian badan yang sakit. Lakukan dua kali sehari.

Kudis

Kudis sangat mengganggu. Untuk mengobati 50 gram bunga kenanga dicuci dan ditumbuk halus, tambahkan 20 cc minyak goreng, dipanaskan sebentar, setelah dingin minyaknya dioleskan pada bagian kulit yang sakit.

  1. Digigit serangga : 2 kuntum bunga kenanga, 1 kuntum bunga mawar, 10 kuntum bunga melati, diremas dengan 1 sendok teh minyak kelapa, kemudian ditempelkan pada luka bekas gigitan.

Source : indiamart

Pemakaian Dalam

Sakit kepala

Rasa sakit pada kepala dapat diatasi dengan meramu  15 gram bunga kenanga dan 15 gram jahe yang diiris-iris halus. Rebus kedua bahan  dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, minum ramuan ini selagi  hangat.

 Malaria & Asma

Untuk melawan malaria gunakan 3 kuntum bunga kenanga yang kering diseduh dengan 200 cc air mendidih lalu tutup rapat, setelah agak dingin disaring lalu diminum. Lakukan secara teratur.   Untuk asma, siapkan 15 gram bunga kenanga dan 15 gram kulit semangka kering, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, setelah dingin disaring lalu airnya diminum.

Bronchitis

Radang saluran napas dapat diatasi dengan meramu 10-15 gram bunga kenanga dan 10 gram  umbi bunga lili kering direbus dengan 300 cc air hingga tersisa 150 cc, disaring lalu diminum selagi hangat. Lakukan dua kali sehari.

 Bau Badan

 Mencegah dan mengatasi bau badan : 15 gram bunga kenanga dan gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring lalu airnya diminum. Lakukan secara teratur.

Keputihan

Keputihan memang sangat mengganggu, 30 gram bunga kenanga dan 30 gram kulit delima kering direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, setelah dingin disaring lalu airnya diminum. Lakukan secara teratur 2-3 kali sehari.

Radang Saluran Kencing

20 gram bunga kenanga, 30 gram daun kumis kucing segar, 30 gram sambiloto segar, dan 30 gram daun sendok segar, dicuci dan direbus dengan 1 liter air hingga tersisa 500 cc, lalu airnya diminum untuk dua kali sehari. Lakukan secara teratur.

Sakit Kuning

Untuk pemakaian  3 kuntum bunga kenanga dimasukkan ke dalam segelas air panas, setelah itu ditutup hingga dingin. Setelah itu lalu diminum 3 kali sehari, sebanyak 1/3 gelas sekali minum. Dengan catatan penyakit kuning ini adalah gejala awal dan belum masuk dalam kategori hepatitis. IC/XI/AND/11

 

Ingin tahu info-info tentang sejarah Indonesia, indonesia culture dan beragam budaya yang ada di negara ini. ayo kunjungi saja www.indonesiancultures.com disini kamu akan belajar banyak tentang budaya, adat yang pernah ataupun terjadi di Indonesia

Komentar Untuk Resep Wangi Kenanga Usir Penyakit ( 2 habis)