• Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Post category:News
  • Post last modified:6 Agustus 2022
  • Reading time:3 mins read

Source : ingeniovirtual

Diresepkan sejak berabad-abad lalu, kenanga sangat manjur mengobati berbagai penyakit. Meramunya juga terbilang sangat mudah dan murah.

Sudah sejak lama bunga kenanga digunakan dan dimanfaat untuk berbagai keperluan oleh masyarakat Indonesia. Para putri bangsawan tercatat dalam sejarah paling gemar menggunakan bunga ini untuk berbagai keperluan kesehatan dan kecantikan. Tidak mengherankan, jika dari para bangsawan ini muncul dan tercipta banyak resep kuno yang terbukti sangat manjur. Sayang, karena lingkup keraton sangat tertutup, keampuhan resep tidak bisa tersebar luas pada masyarakat banyak. 

Kenanga terkenal karena baunya yang harum, sebagian orang menyebutnya sebagai  bunga parfum. Masyarakat Jawa biasa memakai kenanga   dalam berbagai ritual budaya. Seperti budaya suci diri atau siraman, tolak bala bahkan untuk keperluan ziarah kubur.  Bersama melati, mawar dan bunga lainnya direndam dalam air yang berasal dari 7 sumur. Air rendaman itu biasa disebut ‘air bunga setaman’ yang biasanya dipakai untuk mandi bagi calon pengantin saat upacara siraman. Kenanga juga masih dipakai  saat upacara tingkeban, upacara setelah 7 bulan mengandung.

Source : wikiparfum

Aromanya yang semerbak  harum, bunga kenanga yang berwarna hijau kekuningan itu, bersama melati dan bunga kantil merupakan bunga kesayangan anggota keluarga keraton di kerajaan-kerajaan di Pulau Jawa. Bagi para  bangsawan itu, kenangan lazim digunakan untuk bahan ngadi salira atau sarana perawatan tubuh. Caranya, bunga atau minyak kenanga itu dijadikan sebagai bahan untuk luluran sehingga akan menghasilkan kulit dan wajah yang lembut. 

Kenanga atau canangium odoratum adalah tumbuhan berbatang besar sampai diameter 0,1-0,7 meter dengan usia puluhan tahun. Tumbuhan kenangan mempunyai batang yang getas atau mudah patah saat usia saat mudanya. Tinggi pohon ini dapat mencapai 5-20 meter. Bunga kenanga akan muncul pada batang pohon atau ranting bagian atas pohon dengan susunan bunga yang spesifik.

Umumnya bunga kenanga terdiri dari 6 lembar daun dengan mahkota berwarna kuning serta dilengkapi 3 lembar daun berwarna hijau. Susunan bunga tersebut majemuk dengan garpu-garpu. Bunga kenanga beraroma harum dan khas. Di pedesaan, kenanga sering dipelihara untuk dipetik bunganya. Tumbuhan liar yang kini mulai jarang ini mudah tumbuh di daerah dataran rendah mulai ketinggian 25-1000 meter di atas permukaan laut. 

Nama lokal kenanga sangat bermacam-macam. Orang Jawa menyebut bunga ini sebagai kenanga  atau wangsa.  Masyarakat Bali mengenal bunga ini dengan nama  Sandat Kananga dan  Sadat wangsa. Sementara Aceh menyebutkan selanga dan orang Nias member nama  ngana-ngana. Selain nama-nama tersebut masih banyak nama-nama lain yang diberikan orang untuk menyebut kenanga. (Bersambung – resep ramuan kenanga) IC/XI/AND/10

 

Ingin tahu info-info tentang sejarah Indonesia, indonesia culture dan beragam budaya yang ada di negara ini. ayo kunjungi saja www.indonesiancultures.com disini kamu akan belajar banyak tentang budaya, adat yang pernah ataupun terjadi di Indonesia

Komentar Untuk indonesia culture, indonesian culture, budaya indonesia, adat indonesia