• Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Post category:Local Wisdom
  • Post last modified:28 Desember 2021
  • Reading time:2 mins read

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa gambir sangat efektif dalam mencegah berkembangnya sel kanker kulit.

*************

Dulu masyarakat Indonesia biasa menggunakan gambir dalam kegiatan menyirih. Selain menyirih, gambir juga sangat dibutuhkan oleh industri penyamakan dan pewarnaan kulit. Sejak lama semanjung Malaya, Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan dan Maluku adalah tempat tumbuh alamiah dari tanaman ini.

Gambir telah dikenal dipergunakan oleh masyarakat Nusantara sejak kurang lebih 2500 tahun yang lalu. Beberapa daerah di Nusantara sudah tidak lagi menggunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun saat ini gambir masih tetap populer di Papua.

Dan sejak sebelum abad ke 17, gambir telah menjadi komoditas yang penting. Gambir adalah ekstrak air panas dari daun dan ranting tanaman gambir yang diendapkan dan kemudian dicetak dan dikeringkan, yang berfungsi sebagai astringen. Hampir 95% produksi dibuat menjadi produk yang dinamakan betel bite atau plan masala.

Bentuk cetakan biasanya silinder, menyerupai gula merah. Warnanya coklat kehitaman atau kekuningan. Gambir dalam perdagangan antarnegara biasanya dikirim dalam kemasan 50kg. Bentuk lainnya adalah bubuk atau “biskuit”. Nama lainnya adalah catechugutta gambircatechu pallidum(pale catechu).

Flora gambir, Source: greeners

Gambir termasuk ke dalam rempah-rempah. Dan jenis rempah inilah yang diketahui ikut memakmurkan masyarakat di masa kedatuan Sriwijaya. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa gambir sangat efektif dalam mencegah berkembangnya sel kanker kulit. Karena itulah India mengimport lebih dari 68% kebutuhan gambir dari Indonesia untuk kebutuhan industri farmasinya.

Selain itu gambir merangsang keluarnya getah empedu sehingga membantu kelancaran proses pencernaan di perut dan usus. Fungsi lain adalah sebagai campuran obat, seperti sebagai luka bakar, obat sakit kepala, obat diare, obat disentri, obat kumur-kumur, obat sariawan, serta obat sakit kulit (dibalurkan).

Komentar Untuk Rempah Gambir Obat Tradisional dan Mendunia