• Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Post category:Mistis
  • Post last modified:29 Desember 2021
  • Reading time:3 mins read

 

misteri jembatan balerang

Kecelakaan dan bunuh diri kerap menyelimuti misteri jembatan Barelang ini. Konon semua ini karena gangguan dari naga gaib yang menjadi penunggu jembatan megah ini.

Banyak orang bilang, ke Batam belum lengkap jika belum mengunjungi Jembatan Barelang. Jembatan Barelang adalah penghubung Pulau batam, Rempang dan Galang. Tidak mengherankan jika kemudian jembatan tersebut juga dijadikan ikon wisata Batam. Selain canggih dan indah, jembatan ini menyimpan sisi mistis berbalut kisah-kisah miris.

Siapapun yang pernah mengunjungi Jembatan Barelang pasti setuju, bahwa Jembatan Barelang memiliki kemegahan yang sangat luar biasa. Barelang terdiri dari 5 jembatan yang masing-masing mempunyai panjang 400-500 meter untuk setiap bentang jembatannya. Selain itu juga jembatan ini dibangun menggunakan tipe konstruksi cable stay. Kedua pilar pada bentang utama memiliki ketinggian hing 145 meter. Bentang utama ini juga berfungsi sebagai jangkar pengikat kabel sepanjang 440 meter dan berkekuatan 18 ton per sentimeter persegi dari jembatan.

sisi mistis jembatan barelang

Dibalik kemegahan yang luar biasa, jembatan Barelang juga mempunyai cerita menyeramkan dan juga mistis. Konon jembatan ini dihuni oleh penunggu gaib yang  wujudnya seekor  naga raksasa.   Menurut cerita Ipo, pedagang kopi yang setiap harinya mangkal dilokasi Barelang,   memang banyak kejadian yang aneh sejak jembatan tersebut dibangun , baik kecelakaan lalu lintas maupun  bunuh diri, seperti kejadian yang dilihatnya  dengan matanya sendiri.

Zona Mistis Misteri Jembatan Barelang

“Pernah terjadi,   seorang perempuan yang tiba-tiba naik dan melewati pagar pembatas jembatan dan tanpa basa-basidan langsung terjun menghunjam ke laut. Begitupun dengan wisatawan asing asal Irlandia yang naik taksi dan turun dari mobilnya langsung terjun ke laut,”jelas Ipo.

Setiap harinya Barelang banyak dikunjungi para wisatawan dalam dan luar negeri . Terutama pada hari libur, mulai sepanjang pinggiran Barelang satu hingga lima, dipenuhi muda-mudi yang tujuannya untuk bersantai dengan melihat panorama laut sambil memancing. Para pengunjung ini tak akan melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen dengan berfoto. Misteri jembatan Barelang berlanjut, menurut Ipo, banyak kejanggalan dan keanehan dalam foto tersebut. “Terkadang terlihat difotonya dibelakang ada seorang perempuan berbaju putih yang tidak mereka kenali. Kadang juga berbentuk naga ataupun lainnya. Pokoknya banyaklah, terutama menjelang magrib,” tegasnya.

jembatan balerang 1

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terkait misteri jembatan barelang, para pedagangpun sering memperhatikan setiap orang yang berkunjung di Barelang. Semisal yang terlihat dari pagi hingga malam tidak beranjak dari tempatnya, mereka akan mengusirnya. Hal ini diatakutkan sering terjadi hal-hal yang tidak baik.”Kebanyakan mereka yang seperti itu sering kemasukan dan timbul mencelakakan dirinya. Ini sering terjadi,” jujur Ipo.

Mengenai kecelakaaan yang sering terjadi disekitar Barelang, Ipo membenarkan hal tersebut.   bahkan hingga menewaskan pengendara maupun penumpan kendaraan.   “Kalau disini (Barelang 1)   ada kecelakaan,  tapi yang lebih sering di Barelang 3,” jelas lelaki paruh baya ini.

Begitu juga dengan kesaksian Koh Cau asal Pontianak yang hijrah ke Batam sejak 11 tahun lalu. Ia menuturkan banyak terjadi kecelakan setiap minggu hingga menewaskan seluruh penumpangnya  di Barelang ini.  Secara langsung iapun melihat beberapa kejadian kecelakaan yang menimpa mobil Carry pada 2003 masuk jurang yang menewaskan 8 orang. Lalu disusul dengan dengan mobil Mitsubishi Strom yang terbalik hingga masuk jurang dan seluruh penumpangnya tewas. “Kalau  lihat  koran,   jelas setiap minggu pasti ada kecelakaan baik motor maupun mobil,”ujarnya. IC/V/AND/29

 

Komentar Untuk misteri jembatan barelang