Source : uc

Disetiap kunjungannya, Presiden Soekarno selalu melakukan tindakan yang luar biasa. Alih-alih hanya melakukan pendekatan secara politis, Bung Karno justru nyaman memperkenal potensi Indonesia pada dunia, dan terbukti cara ini dikenang hingga sekarang.

<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>

Presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno adalah sosok yang luar biasa. Tidak hanya bagi rakyat Indonesia, tapi dimata dunia, Soekarno adalah pemimpin yang fenomenal pada zamannya. Berbagai gebrakan ia lakukan untuk menunjukkan eksistensi Negara dan Negara-negara lain di Asia dan Afrika.

Boleh dibilang Soekarno memiliki trik dan cara-cara khusus yang terbilang out of the box. Berbagai diplomasi ia lakukan untuk mencapai apa yang ia dan bangsa Indonesia cita-citakan. Tidak hanya melulu melalui gerakan politik, Bung Karno demikian ia akrab disapa  juga menjalankan diplomasi unik.

Saat kunjungan ke Iraq pada 1960, source: tw

Bung Karno datang ke Irak pada 1960-an,  dimata dunia Irak adalah negara dengan peradaban luar biasa yang berpusat di kawasan  Mesopotamia. Tentu saja kedatangan Bung Karno mendapatkan atensi yang luar biasa dari rakyat Iraq dan dunia internasional. Setelah berbasa-basi politik protokoler, Bung Karno lantas melalukan langkah diplomasi yang unik.

Selain datang bersama rombongan diplomatik, ternyata Bung Karno datang bersama rombongan ribuan bibit sejenis ikan mas.  Setelah acara protokoler, Bung Karno dan tuan rumah lantas menuju sungai Tigris.ke sana untuk menebar bibit ikan sejenis ikan emas ke Sungai Tigris. Ikan inilah yang kemudian  berkembang secara luar biasa serta  kemudian menjadi salah satu menu unggulan bagi warga di sepanjang aliran Sungai Tigris.  

Jadi Nasional dish terkenal di Iraq, Source : npr.org

Orang Iraq  biasa menyebut menu ini sebagai masgouf. Masgouf adalah menu hidangan dengan ikan bakar berbagai olesan saus yang menjadi hidangan utamanya. Menu Masgouf ini akan semakin banyak tatkala memasuki masa Ramadhan. Menu ini lantas menjadi salah satu makanan khas Irak dengan menyebar ke seluruh negeri.

Uniknya, di Bagdad menu masgouf ini juga menyebutkan jika jenis ikan yang mereka pakai adalah ikan Soekarno.  Tentu saja hal tersebut  menunjukkan keberhasilan  Soekarno memperkenalkan Indonesia ke dunia. Bukan melalui perang atau penaklukan, tapi Soekarno lebih memilih menggunakan kekuatan  potensi lokal Indonesia nan sederhana.

Apakah Iraq satu-satu negeri yang mendapatkan sentuhan diplomasi unik Soekarno? Tidak!! Saat berkunjung ke Mesir Bung Karno juga mengenalkan pohon mangga. Mangga ini lantas tumbuh subur dan berbuah dengan lebatnya. Warga Mesir akhirnya menyebut buah mangga ini sebagai buah Soekarno.

Ikan Soekarno begitu warga Iraq menamainya, source : wikiwand

Selanjutnya di Korea Utara  Soekarno membawa anggrek asal Indonesia. Saat berkunjung  Arab Saudi, Bung Karno membawa  pohon mimba demi menghijaukan padang Arafah.

“Jangan anggap sepele dan remeh dengan apa yang kita punya. Apa yang kita punya itu, kalau kita rawat dengan cinta, kita kelola dengan baik dan penuh dedikasi, pasti akan memberi manfaat,” kata Hasto.

 

Ingin tahu info-info tentang sejarah Indonesia, indonesia culture dan beragam budaya yang ada di negara ini. ayo kunjungi saja www.indonesiancultures.com disini kamu akan belajar banyak tentang budaya, adat yang pernah ataupun terjadi di Indonesia

Komentar Untuk Mengenang Diplomasi Unik Ala Presiden Soekarno