Bahaya petir  bisa ditanggulangi dengan cara tradisional, yakni menanam pohon yang dapat menyerap udara listrik.

Bulan-bulan belakangan ini, Indonesia tengah menjalani musim penghujan. Tentu saja saat hujan seperti ini, petir dan kilat selalu menyertai. Sebagai energi listrik alam, petir sangat membahayakan keselamatan manusia. Disarankan untuk berlindung saat terjadi hujan petir. Sedikit sengatan petir walau dari jarak jauh.

Memang sekarang sudah banyak dijual penangkal petir. Namun sejatinya nenek moyak kita sudah mengetahui cara mudah dan murah untuk menangkal petir.  Bahaya petir  bisa ditanggulangi dengan cara tradisional, yakni menanam pohon yang dapat menyerap udara yang beraliran listrik. Cara tradisional ini telah diuji dan buktikan secara ilmiah oleh Peneliti Pusat Studi Bencana Universitas Gadjah Mada. Dan terbukti, walau tradisional, tetapi cara ini  terbilang ampuh untuk menanggulangi bahaya petir.

“Seperti diketahui beberapa jenis  tanaman atau pohon dapat  menjadi pengurang dan menyerap daya rusak dalam kekuatan petir. Tanaman tersebut antara lain  pohon kelor, pohon jarak, pohon kolang-kaling, pohon kaliandra, dan tentu saja pohon sawo kecik.  Pohon-pohon yang disebutkan tadi  efektifitasnya  cukup tinggi dan yang tak kalah hebatnya dengan penangkal petir modern. Yang terpenting, jenis pohon-pohon tersebut murah dan mudah untuk ditanam,” terang  Sunarto,  peneliti PPSB Gadjah Mada.

Sunarto lantas menjelaskan metode atau cara kerja pohon-pohon tersebut dalam meredam keganasan petir. Secara alamiah, energi yang dikeluarkan oleh pohon tersebut sifat menyerap muatan listrik yang berlebihan. Saat  daya listrik tinggi yang dimunculkan oleh petir dapat diredam. ” Cara termudah adalah dengan menanam pohon-pohon tadi di areal yang menjadi target atau langganan serangan petir. Daya kekuatan listrik akan langsung terserap dan dihantarkan ke dalam tanah,  sehingga sambarannya tidak akan sampai ke tanah ataupun rumah apalagi mengenai manusia,” beber Sunarto.

Diperkirakan hujan dan petir hingga cuaca ekstrim  masih akan mengancam seluruh Indonesia hingga akhir tahun  mendatang. Bahkan  BMKG memprediksi akan terjadinya curah hujan tinggi akibat dari perubahan iklim global seperti yang terjadi dua tahun terakhir ini.  IC/AND/XI/016

 

Ingin tahu info-info tentang sejarah Indonesia, indonesia culture dan beragam budaya yang ada di negara ini. ayo kunjungi saja www.indonesiancultures.com disini kamu akan belajar banyak tentang budaya, adat yang pernah ataupun terjadi di Indonesia

Komentar Untuk Pohon Sawo Kecik Tangkal Petir