• Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Post category:Rempah
  • Post last modified:28 Desember 2021
  • Reading time:4 mins read

Virus Covid 19 yang berasal dari Wuhan, RRC ini memang mengacaukan seluruh dunia. Memaksa semua orang untuk melakukan pembatasan jarak demi upaya mencegah penularan virus mematikan yang belum ditemukan obatnya ini.

Apalagi sekarang virus ini terus menerus mengalami mutasi  menjadi varian covid delta hingga covid 22 yang bahkan belum ada vaksin yang mampu kebal menangkalnya. Satu-satunya cara guna mencegah keganasannya ialah dengan memperkuat daya tahan tubuh, agar tidak mudah tertular dan lalu jatuh sakit karenanya.

Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh itu ialah dengan konsumsi kunyit, rempah untuk Covid 19, selain juga cengkeh, rempah untuk Covid 19 dan berbagai jenis rempah-rempah alami lainnya, sebagai upaya meningkatkan imun tubuh. 

Rempah Kunyit

Kunyit atau kunir atau Curcuma Longa bahasa latinnya ialah tanaman rempah Indonesia berupa semak rerumputan yang bisa mencapai setinggi 1 meter. Umbi kunyit ini memiliki warna yang khas yaitu kuning agak orange.

Kini dengan adanya pandemi virus Corona maka marak dan menjadi trend konsumsi kunyit dan berbagai rempah nusantara lainnya, guna meningkatkan imun.

Kandungan Kunyit

Kunyit mengandung banyak sekali zat bermanfaat bagi tubuh. Dalam tiap 100 gram kunyit, terdapat kandungan aneka macam nutrisi sebagai berikut.  

  • 10 gram protein, dan
  • 168 miligram kalsium, dan
  • 208 miligram magnesium, dan
  • 299 miligram fosfor, dan
  • 2 gram kalium, dan
  • 1 miligram vitamin C, dan
  • 55 miligram zat besi, serta beberapa senyawa penting lainnya.

Terutama zat curcuma yang merupakan anti radang, sehingga sangat bagus guna melawan virus Covid yang menimbulkan peradangan pada organ-organ pernapasan.

Rempah kunyit ini mengandung senyawa dengan sifat antioksidan, dan antiinflamasi, serta antimikroba dan antikanker. Kandungan zat imunomodulator yang ada pada kunyit pun telah terbukti ampuh melawan gejala flu, pilek dan batuk. 

Manfaat Kunyit Anti Covid

Terkait dengan Covid maka hasil beberapa penelitian pra klinik dan juga klinik dari curcumin yang terdapat pada kunyit terbukti memiliki efek immunomodulator atau dapat meningkatkan imun daya tahan tubuh.

Temuan pada suatu penelitian juga mendapati bahwa zat curcumin yang ada pada kunyit dapat menghambat terjadinya pelepasan senyawa tubuh penyebab radang yang sering terjadi pada pasien penderita Covid yang mengalami badai Sitokin.

Istilah kedokterannya ialah sitokin proinflamasi yaitu meliputi interleukin 1, dan interleukin 6 serta tumor necrosis factor-α. Zat curcumin kandungan dari kunyit bisa membantu untuk mencegah terjadinya badai sitokin yang sering dialami oleh pasien penderita Covid, baik itu covid 19 maupun berbagai varian virus Covid lainnya, hasil mutasi seperti covid delta hingga Covid 22.

Badai sitokin itu ialah pelepasan sitokin dalam jumlah yang sangat banyak, sehingga bisa menumpuk di organ paru-paru lalu menimbulkan sesak nafas juga merusak dan menimbulkan peradangan paru. Zat curcumin tersebut ialah senyawa golongan polifenol. Curcumin juga bisa menghambat proses proses tumbuh kembang virus.

Dalam hal ini dapat terjadi secara langsung yaitu zat yang terkandung pada kunyit tersebut menghancurkan virus melalui perusakan fisiknya, ataupun juga bisa dengan cara menghambat proses replika virusnya dengan menekan jalur pensinyalan selulernya.

Cara Konsumsi Kunyit

Kunyit bisa digunakan sebagai bumbu dapur masakan, terutama untuk masakan tradisional nusantara seperti gulai, soto kuah kuning, nasi kuning dan lain sebagainya. Bubuk kunyit juga sudah tersedia. Kunyit pun bisa dibuat minuman, sebagai jamu tradisional, dicampur dengan aneka rempah-rempah lainnya.

Bisa rebus irisan kunyit yang telah dikupas setelah dicuci bersih sebelumnya, lalu minum. Konsumsi ideal kunyit per hari ialah sekitar 12 gram bagi orang dewasa.

Komentar Untuk Kunyit, Rempah untuk Covid 19