• Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Post category:Khasiat
  • Post last modified:29 Juni 2022
  • Reading time:3 mins read

Mungkin bagi sebagian orang masih terdengar asing dengan tanaman sambiloto, bukan? Tapi  jangan salah ya meskipun terasa asing di telinga, sudah ada banyak obat atau jamu tradisional yang terbuat dari bahan sambiloto ini. Hal ini karena sambiloto kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Mengenal Daun Sambiloto

Sebelum mengetahui mengenai manfaat rempah sambiloto, ada baiknya kita mengetahui terlebuh dahulu tentang dau sambiloto sendiri. Sambiloto mempunyai nama latin Andrographis Paniculta merupakan sebuah tanaman yang memiliki rada pahit luar biasa. Tanaman ini banyak ditemukan di kawasan Asia dan India. Sudah sejak lama tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai ramuan obat tradisional yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Manfaat Rempah Sambilito Untuk Kesehatan

Apabila Anda memesan jamu, mungkin Anda akan menghindari jamu yang rasanya pahit ini.  Meskipun pahit, sambiloto kaya akan manfaat untuk kesehatan seperti berikut ini  :

Sembuhkan Batuk dan Flu

Sambiloto banyak mengandung kandungan antioksidan yang bisa membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman satu ini banyak digunakan sebagai obat untuk mencegah serta mengobati batuk dan flu. Selain itu, juga bisa digunakan untuk mengurangi demam, sakit tenggorokan dan juga hidung tersumbat. Antioksida yang terkandung di dalamnya  bisa mencegah kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas.

Cegah Penyakit Jantung

Tanaman sambiloto dipercaya bisa meningkatkan kesehatan jantung. Tanaman ini bisa mengurangi penggumpalan darah dan membantu dalam memecah gumpalan darah. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Chinese Medical Journal 1994 sudah membuktikan jika ekstrak A Paniculata bisa mengulur waktu penggumpalan darah serta mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Sehingga sambiloto kaya akan manfaat untuk membantu dalam melancarkan peredaran darah dan mencegah penyakit jantung. Selain  itu, tanaman ini juga mempunyai khasiat untuk melemaskan dinding pembuluh dara dan juga membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Bantu Atasi Diabetes

Selain jantung, manfaat rempah sambiloto lainnya adalah membantu dalam mencegah terjadinya diabetes. Tanaman ini dapat membantu menurunkan gula darah dalam tubuh dan meningkatkan serta melancarkan proses metabolisme pada tubuh.

Sembuhkan Infeksi

Sambiloto mempunyai banyak kandungan antibakteri dan antivirus. Ini bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan infeksi yang ada dalam tubuh. Salah satunya adalah sinusitis. Tanaman sambiloto akan membantu dalam menghentikan proses berkembangnya bakteri yang akan menyebabkan semakin parahnya virus yang ada dalam tubuh.

Selain itu, sambiloto juga bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati herpes, pneumonia, TBC, Kista, Gonore, Sifilis dan lainnya. Bahkan daun ini dikenal bisa membantu penderita HIV AIDS untuk bisa sembuh.

Itulah tadi beberapa manfaat rempah sambiloto yang bisa Anda rasakan ketika mengonsumsinya secara teratur. Cara mengonsumsinya adalah dengan meminum air hasil rebusan sambiloto 1-2 kali dalam sehari.

 

Ingin tahu info-info tentang sejarah Indonesia, indonesia culture dan beragam budaya yang ada di negara ini. ayo kunjungi saja www.indonesiancultures.com disini kamu akan belajar banyak tentang budaya, adat yang pernah ataupun terjadi di Indonesia

Komentar Untuk indonesia culture, indonesian culture, budaya indonesia, adat indonesia