Source : langgar.co

Sebagai Induk ilmu-ilmu Jawa Serat Centhini kerap dipakai sebagai rujukan kitab-kitab Kejawen berikutnya.

Kitab Centhini merupakan upaya besar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom Amangkunagara III, untuk mendokumentasikan semua ilmu dan pengetahuan Jawa yang Adiluhung. Ditulis pada   Sabtu Pahing 26 Sura 1742 Tahun Jawa atau 1814 Tahun Masehi.  Yang mendapat tugas diantaranya  Raden Ngabehi Yasadipura II (Raden Tumenggung Sastranagara ), abdidalem bupati pujangga kadipaten,  Raden Ngabehi Sastradipura, abdidalem Kliwon carik kadipaten, dan Pangeran Jungut Mandurareja, pradikan krajan Wangga, Klaten Surakarta. Dan juga   Kyai Kasan Besari, ngulama agung ing Gebangtinatar, Panaraga, menantu Sinuhun Paku Buwana IV, Kyai Mohamad Minhad, ngulama agung ing Surakarta, dan diketuai oleh Ki Ngabei Ranggasutrasna, abdidalem kliwon carik kadipaten.

Acuan penulisannya  adalah serat “Suluk Jatiswara” yang ditulis pada masa pemerintahan Paku Buwono III pada  1711 Jawa. Nama serat ini aslinya “Suluk Tambangraras,” belakangan serta justru kondang disebut  Sera Centhini yang diambil dari nama seseorang yang mengabdi kepada Niken Tambangraras istri Syeh Amongraga.

Serat Centhini  berisi berbagai macam pengetahuan, antara lain; kawruh agama, sastra, seks, situs, pawukon, primbon, keris, obat dan lain sebagainya. Begitu lengkapnya hingga oleh sebagian ahli, kitab ini disebut  sebagai Ensiklopedi Kebudayaan Jawa. Salah satu pengetahuan Jawa itu bisa dilihat ada  Pupuh 22 dengan tembang Mijil. Pupuh ini mengisahkan  perjalanan Raden Jayengresmi bersama kedua abdinya, Gathak dan Gathuk sampai di Tuban, di hutan Bagor.

Dalam perjalanan ketiga orang ini tiba-tiba mereka dikejutkan oleh suara meriam menggelegar bagaikan gempa.Bersamaan dengan suara tersebut, munculah seorang putri cantik yang mengaku bernama Kanjeng Ratu Mas Trengganawulan.  Kanjeng Ratu Mas Trengganawulan adalah putri Prabu Brawijaya Pamungkas.  Ketika Majapahit runtuh ia melarikan diri dan sampai di hutan Bagor wilayah Tuban.  Saat pelarian di tengah hutan ini  Trengganawulan mendapat perintah Sang  Hyang Widdhi untuk menjadi penguasa atas para  makhluk halus di seluruh Tanah Jawa.

Setiap hari Sukra Manis, Trenggana Wulan muncul di sendang Sugihwaras, tempat ia mandi, untuk menemui seseorang yang sedang menjalani laku tirakat.Kanjeng Ratu Mas Trengganawulan menuturkan kaweruh alam kepada Raden Jayengresmi, kaweruh tersebut diantaranya:

Source : pixabay

Pertanda Burung Dhandang

Menelisik pertanda alam melalui suara Burung Dhandhang. Burung dhandhang adalah jenis burung, berwarna hitam, posturnya bentuknya mirip burung Gagak tapi dengan dimensi yang lebih kecil.

  • Jika burung dhandhang bersuara, dari arah Timur ke Barat rumah, itu artinya pertanda baik.  Akan ada tamu seorang besar yang luhur budinya.
  • Jika burung Dhandhang bersuara dari arah Timur ke Selatan rumah, juga pertanda baik. Apa yang dikerjakan atau akan dikerjakan pemilik rumah akan mendapatkan keberhasilan   yang memuaskan.
  • Jika mendengar suara burung dhandhang   dari arah Selatan rumah, itu pertanda baik, pemilik rumah akan mendapatkan banyak  rejeki.
  • Namun jika mendengar burung dhandhang bersuara, dari arah Selatan Barat rumah, itu pertanda jelek. Pemilik rumah akan terlibat  pertengkaran tak perlu demi merebutkan hal-hal sepele.
  • Jika mendengar burung dhandhang bersuara, dari arah Barat rumah, itu pertanda baik. Salah seorang dari anggota pemilik rumah akan segera mendapatkan jodoh bagi yang belum memiliki pasangan hidup.
  • Namun jika mendengar suara burung dhandhang  dari arah Utara Barat rumah, itu pertanda jelek. Pemilik rumah akan   menderita sakit serta kekecewaan yang mendalam.
  • Jika burung dhandhang bersuara, dari arah Utara rumah, itu akan menjadi pertanda jelek, pemilik rumah akan mendapatkan  malu dari perselisihan yang dialaminya.
  • Jika burung dhandhang bersuara, dari arah Utara Timur rumah, itu menjadi pertanda baik, pemilik rumha akan kedatangan saudara jauh.
  • Dan jika burung dhandhang bersuara, di atap rumah, itu pertanda jelek, akan ada anggota keluarga yang meninggal.

Source : pinhome

Pertanda  Burung Prenjak

Masih menurut  Serat Centhini, pertanda alam bisa kuak melalui suara burung Prenjak.

  • Jika ada dua burung prenjak berkicau bersahut-sahutan   di arah selatan rumah, itu pertanda baik, akan ada tamu besar yang memiliki niat bagi pada pemilik rumah.
  • Namun jika   burung prenjak berkicau di arah Barat rumah, itu pertanda jelek, akan ada tamu yang mengajak bertengkar pemilik rumah.
  • Jika ada burung prenjak berkicau di arah utara rumah, itu pertanda baik, akan ada tamu seorang guru memberi wangsit yang baik dan suci
  • Tapi jika ada burung prenjak berkicau di arah timur rumah, itu pertanda jelek, akan ada kebakaran.
  • Dan Jika ada burung prenjak berkicau mengitari rumah, itu pertanda baik, akan mendapat rejeki yang halal.Berbagai sumber. IC/AND/XI/019

 

Ingin tahu info-info tentang sejarah Indonesia, indonesia culture dan beragam budaya yang ada di negara ini. ayo kunjungi saja www.indonesiancultures.com disini kamu akan belajar banyak tentang budaya, adat yang pernah ataupun terjadi di Indonesia

Komentar Untuk Membedah Isyarat Alam Ala Serat Centhini