• Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Post category:News
  • Post last modified:22 Juli 2022
  • Reading time:3 mins read

Source   : SI

Sejak lama purwoceng diyakini sebagai penambah stamina atau kejantanan pria. Purwaceng adalah bahan  afrodisiaka,  yang dapat digunakan untuk merangsang daya seksual. 

Tanaman unik ini hanya tumbuh di daerah pegunungan atau dataran tinggi. Punya banyak nama, purwaceng atau ada juga yang menyebutnya purwoceng. Tanaman ini tumbuh subur di  Dieng,   Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat  dan arena Pegunungan Bromo di Jawa Timur (Jatim). Tapi untuk saat ini yang paling terkenal adalah purwoceng dari Dieng.

Source : nusadaily

Ciri-ciri tanaman terna yang hampir menutupi tanah, tidak memiliki berbatang,  dan hanya pokok akar, daun dan tunas. Berdaun majemuk menyirip serta ganjil.  berwarna hijau hingga  ungu. Bunga kecil   bentuk payung, kelopak kecil, berwarna hijau atau putih kehijauan.   buah tanaman purwaceng seperti  buah padi, bentuk bulat telur,  permukaan beralur, dan berwarna cokelat. 

Manfaat purwaceng 

Karena kecil, hampir seluruh bagian tanaman purwaceng dapat  di manfaatkan. Tapi yang paling umum dimanfaatkan adalah bagian akarnya. Akar ini dapat diolah menjadi bubuk yang dapat dicampurkan dalam minuman baik itu kopi, susu atau bahkan teh. 

Mengutip  Buku 100 Top Tanaman Obat Indonesia, akar purwaceng  mengandung  senyawa aktif. Senyawa aktif yang ditemukan di antaranya, yakni: Bergapten Isobergapten Sphondin.  Sementara akar purwaceng  dilaporkan mengandung senyawa kumarin, saponin, sterol, alkaloid dan masih banyak senyawa lainnya. 

Maka tidak berlebihan jika purwoceng di diklaim mampu mengatasi masalah vitalitas seksual dan penyakit lainnya. Sejak lama purwoceng diyakini sebagai penambah stamina atau kejantanan pria. Purwaceng adalah bahan  afrodisiaka,  yang dapat digunakan untuk merangsang daya seksual. 

Selain berguna bagi pria, purwoceng juga mampu meningkatkan gairah seksual wanita. Hal ini karena kandungan senyawa stigmasterol   mampu meningkatkan kinerja hormon estrogen serta  merangsang proses terjadinya ovulasi. 

Pelancar darah dan peluruh air seni. Kemampun ini tentu saja membuat kinerja jantung menjadi lebih sehat. Selain itu, sebagai  peluruh air seni atau  diuretic,  purwaceng  mencegah infeksi saluran kemih serta aman bagi penderita darah tinggi. 

Purwaceng mampu cegah kanker karena kandungan antioksidannya yang mampu tangkal kerusakan sel dan radikal bebas. 

Untuk menjaga stamina, dipercaya  meredakan kelelahan dan bahkan bisa meningatkan gairah.  IC/XI/AND/02

 

Ingin tahu info-info tentang sejarah Indonesia, indonesia culture dan beragam budaya yang ada di negara ini. ayo kunjungi saja www.indonesiancultures.com disini kamu akan belajar banyak tentang budaya, adat yang pernah ataupun terjadi di Indonesia

Komentar Untuk indonesia culture, indonesian culture, budaya indonesia, adat indonesia