• Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Post category:Rempah
  • Post last modified:28 Desember 2021
  • Reading time:3 mins read

Guna melawan virus Covid yang terus bermutasi ialah dengan berusaha menjaga dan meningkatkan imun tubuh, sebab hingga kini belum ditemukan obatnya, vaksin pun tak mampu mengatasi masalah virus Covid yang mematikan, mudah menular dan terus bermutasi.

Upaya peningkatan imun tubuh bisa dibantu dengan  konsumsi cengkeh, rempah untuk Covid 19, selain juga kunyit, rempah untuk Covid 19 dan berbagai jenis rempah-rempah alami lainnya. 

Apa itu Cengkeh

Cengkeh atau yang juga disebut sebagai cengkeh ini ialah kuncup bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae yang merupakan tanaman perkebunan asli asal Indonesia. Nama latinnya ialah Syzigium aromaticum. Rempah Indonesia asal Maluku ini telah dikenal luas dunia sejak lama sebagai rempah nusantara yang telah mendunia.

Kini bahkan banyak yang telah merasakan manfaat cengkeh untuk melawan Covid. Cengkeh memiliki rasa yang manis dan beraroma khas. Cengkeh tersedia di pasaran dalam bentuk utuh, arau bubuk, dan juga dalam bentuk minyak esensial.

Kandungan Cengkeh

Pada sekitar satu sendok teh cengkeh atau sekitar 2 gram cengkeh itu mengandung energi yakni hingga sebesar 21 kalori. Lalu juga ada 1 gram karbohidrat, serta 1 gram serat. Satu sendok teh cengkeh juga mampu untuk memenuhi kebutuhan tubuh sekitar 30% mangan, dan 4% vitamin K, serta 3% vitamin C per harinya.

Pada cengkeh juga terkandung zat kalsium, dan magnesium, serta vitamin E, meskipun hanya sedikit jumlahnya. Kandungan zat antioksidan eugenol yang ada di cengkeh juga ampuh untuk melawan terjadinya radikal bebas. Perkembangan kanker bisa terjadi akibat adanya radikal bebas di dalam tubuh.

Selain eugenol, pada cengkeh juga didapat adanya vitamin C sebagai zat antioksidan yang berguna untuk membantu menetralisir adanya radikal bebas. Kekuatan antioksidan yang terdapat pada cengkeh juga sangat efektif.

Berdasarkan suatu penelitian bahkan diketahui kekuatannya itu ialah bisa hingga lima kali lipat lebih efektif jika dibandingkan dengan vitamin E ataupun jenis antioksidan yang lainnya.

Pemanfaatan cengkeh sebagai bumbu makanan maupun pengobatan herbal tradisional dan kesehatan telah lama terjadi. Konsumsi cengkeh dapat  meningkatkan imun tubuh serta membantu menetralkan virus dan juga bakteri.

Cengkeh pun telah terbukti dapat mengurangi peradangan paru serta mengeluarkan lendir, suatu gejala yang sering dialami oleh para pasien penderita Covid.

Cara Konsumsi Cengkeh

Cengkeh bisa digunakan dalam makanan seperti untuk bumbu sop atau gulai dan dalam pembuatan bubur kacang hijau, atau juga kolak, dan lain sebagainya. Terdapat beberapa resep makanan khas tradisional nusantara yang menggunakan cengkeh sebagai salah satu bumbunya.

Cengkeh juga bisa diseduh bersama teh lalu diminum hangat-hangat. Dapat juga rebus 4 buah hingga 5 buah cengkeh dan lalu meminumnya setiap hari. Cengkeh sebanyak 5 butir yang dikunyah lalu ditelan dilaporkan juga mempu mengatasi masalah sesak nafas dan radang yang dialami oleh penderita covid.

Silahkan coba dan buktikan manfaat aneka rempah tersebut guna meningkatkan daya tubuh dan melawan Covid secara natural dan alami.

Komentar Untuk Cengkeh, Rempah untuk Covid 19