Tahukah anda tentang kain tenun? Pastinya kebanyakan dari mereka sudah menggunakannya atau bahkan mungkin membelinya bukan? Nah, tekstil yang terkenal dari Indonesia biasanya Sumba, NTT, Lombok, Batak atau bahkan Dayak. Pada masa Kesultanan Mughal di India, Gujarat menghasilkan kain berkualitas tinggi dan menjadi komoditas yang menjanjikan bagi kesultanan. Kain tenun berkualitas tinggi ini merupakan kain pembatas.

Pakaian Mughal mengacu pada gaya berpakaian yang dikembangkan oleh Sultan Mughal selama kerajaan mereka di anak benua India pada abad ke-16, 17, dan 18. Mereka memiliki kesan mewah dan terbuat dari kain muslin, sutra, beludru dan brokat. Pola rumit seperti titik, kotak, dan gelombang dengan berbagai warna pewarna alami. Busana pria gaya Mughal secara tradisional mengenakan mantel panjang tumpang tindih yang disebut Jama, dengan ikat pinggang patka diikatkan di pinggang dan celana model Paijama (piyama) di bagian bawah.

Pagri (sorban) umumnya dikenakan di kepala untuk melengkapi pakaian pria seperti shalwari, churidar, dhilja, garara dan farshi. Mereka memakai banyak perhiasan seperti anting, cincin hidung, kalung, gelang, ikat pinggang dan gelang kaki. Jenis pakaian lainnya adalah: gaun gaya peshwaz dan jalek. Gaya Pagri meliputi Chau-goshi, empat ruas, qubbedar berkubah, kashiti, dupalli, nukka dar bersulam, dan mandili beludru.

Model sepatunya antara lain jhuti, kafsh, charhvan, salim shahi, dan khurd nau, yang melengkung ke atas. Lucknow terkenal dengan sepatu dan benang emas dan peraknya. Sorban para kaisar Mughal biasanya memiliki berbagai hiasan dari emas dan batu mulia seperti rubi, berlian, zamrud, dan safir. Gaya pakaian wanita awal periode Mughal mengikuti pakaian tradisional Khurasan dan Persia. Saat itu para wanita menutupi dirinya dengan Purdah. Seiring berjalannya waktu, hubungan sosial dan diplomatik antara dinasti Mughal dan seluruh kerajaan India yang ditaklukkan (khususnya Rajputana) menyebabkan terjadinya pertukaran budaya fashion pakaian.

Pada zaman Babur atau Humayun, wanita bangsawan hanya diperbolehkan mengenakan celana longgar di istana. Tubuh bagian atas mereka ditutupi dengan pakaian longgar yang diikatkan di leher atau dengan kerah berbentuk “Vand”. Lapisan luar lainnya termasuk Yalek (rompi hampir setinggi lantai), yang dikancingkan di bagian depan dan memiliki panel dada dalam versi lengan pendek dan panjang. Kain yang umum digunakan oleh kaum bangsawan pada masa itu adalah bulu kambing liar (tus) dan pashmina, bahan wol yang ringan dan hangat. Mereka juga menggunakan sutra, sering kali disulam dengan benang emas dan perak dan kemudian dihias dengan tali. Semua kain ini secara teratur diberi wewangian dengan air mawar. Nah, sedangkan kain yang biasanya diproduksi massal untuk diekspor dari India ke berbagai negara adalah kain oak. Pabrik tekstil konon didirikan di Fatehpur Sikri, Agra, Lahore dan Ahmedabad pada masa pemerintahan Sultan Jalaluddin Akbar pada abad ke-16.

Kain tenun yang dipamerkan di Museum Islam Indonesia di Lamonga adalah kain padolak. Seperti diberitakan Kompas.com, pada abad ke-13, para pedagang Gujarat memperkenalkan Patola, yaitu teknik tenun ikat ganda dari kain benang sutra, salah satu busana Gujarati di India Barat Laut (India Utara). Proses pembuatan kain Patola sangatlah rumit, sehingga kain ini digunakan di India untuk berbagai upacara yang berhubungan dengan kehidupan manusia seperti kelahiran, perkawinan dan kematian, serta untuk mengusir kejahatan.

Sebelum Indonesia bisa membuat desain pada kain tenunnya, para bangsawan zaman dahulu biasanya membeli kain tenun dari Gujarat dan Iran. Pasalnya, kedua kawasan ini memiliki kualitas kain tenun terbaik serta dilengkapi dengan corak dan desain yang indah. Kain ini merupakan kain upacara yang dibuat di Gujarat, India. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, kain padolak dianggap terlalu besar untuk digunakan dalam upacara adat, seperti pertunjukan tari hujan tradisional di wilayah Sika Pulau Flores dan ritual atau upacara sebelum berperang oleh masyarakat Maluku. Hal ini tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat setempat bahwa kain pembatas tersebut mempunyai kekuatan magis yang dapat membawa kemenangan dalam peperangan.

Melalui perdagangan dengan masyarakat Gujarat, kain Patola tersebar luas di nusantara. Kain patola biasanya hanya dimiliki oleh segelintir orang saja. Warga sekitar yang sudah memiliki keterampilan menenun pun mencoba meniru kain bernilai tinggi tersebut dengan menenun tenun ikat. Di Maluku, kain ini sangat dihargai dan dikenakan di pinggang atau leher. Para penenun di Nusa Tenggara Timur mengembangkan pola kain tenun yang dipengaruhi oleh pola yang terdapat pada kain Patola. Bagi raja, pejabat, dan pemimpin adat, berbagai desain dibuat secara sangat terbatas dan hanya digunakan dalam upacara adat.

Penasaran untuk mengunjungi Museum Islam Indonesia? Tak hanya menyajikan persoalan terkait budaya khas masyarakat India. Museum Islam india juga memamerkan barang-barang koleksi dari beberapa kerajaan Islam terkenal di dunia dan nusantara, seperti Kesultanan Utsmaniyah Turki, Kesultanan Mughal India, Dinasti Tiongkok, Kerajaan Islam Demak, Mataram Islam, Samudera. Pasai, Kesultanan Aceh, Peninggalan Wali Songo dan lain-lain. IC/AND/XVIII/20

Komentar Untuk Tenun Gujarat India, Koleksi Fenomenal Museum Islam Indonesia Lamongan