• Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Post category:Legenda / Mistis
  • Post last modified:12 April 2022
  • Reading time:5 mins read

Hantu Poppo sebenarnya adalah manusia dengan ilmu hitam tingkat tinggi. Mereka kaya dan terpandang, tapi akibat kutukan ilmu turunan mereka harus senantiasa memangsa darah dan daging manusia untuk membayar hutang pada setan.

Sebuah desa subur sekitar 100 km dari timur Palopo, Sulawesi Selatan mendadak gempar. Seorang warganya tewas mengenaskan dengan luka sayat dileher, sementara kondisi tubuhnya nyaris mengering  dan dibeberapa bagian lebam kehitaman mirip bekas cekikkan. Mayat berjenis kelamin perempuan ditemukan oleh seorang warga yang hendak sembahyang subuh di pinggir sungai yang membelah wilayah terpencil itu.

“Sebetulnya itu bukan luka sayatan. Memang terlihat seperti luka sayatan benda tajam. Tapi luka itu sebenarnya akibat tusukan dan gigitan gigi makhluk bertaring tajam. Lihat saja sebagian kulit tubuhnya menghitam, seperti kehabisan darah. Sebenarnya darah korban itu sedang dihisap, tapi nampak tidak sampai habis. Mungkin pelakunya kehabisan waktu karena keduluan subuh,” papar Anwar tokoh desa setempat.

Walau kejadian ini tengah dalam penyelidikan polisi, namun warga pesimis, aparat mampu membongkar kasus pembunuhan ini. “Polisi pasti kesulitan. Sebab ini bukan pembunuhaan biasa. Ada hal gaib atau kekuatan hitam yang menyelimutinya. Dan ini  bukan kejadian yang pertama,  tiga tahun yang lalu juga ada kejadian sejenis, dan sampai sekarang, pelakunya   tidak bisa temukan,” lanjut Anwar dengan wajah pesimis.

hantu poppo

Korban Hantu Poppo

Uniknya, meski belum ada pernyataan dari aparat, namun sepertinya warga sudah memiliki kesimpulan terhadap kasus pembunuhan ini. “Kami sudah tahu! Ini semua ulah poppo. Tidak ada yang bisa membuat kematian demikian mengerikan selain poppo. Itulah sebabnya, kami selalu menjaga, bayi, ibu hamil serta orang yang tengah sakit keras. Jika tidak mereka inilah yang akan menjadi sasaran kebrutalan poppo,” kata Noorman tokoh pemuda dengan wajah serius.

Legenda tentang mahluk jadi-jadian alias poppo ini sudah ada sejak jaman kerajaan  Luwu. Poppo   sebagaimana di yakini oleh warga Bugis Luwu pada jaman dahulu kala  adalah manusia biasa yang karena salah atau menyelewengkan  Ilmu yang dipelajarinya. Kemudian, karena kekerasan hatinya, dia tetap  memperaktekkan Ilmu yang sesat itu. Sejak saat itulah manusia itu berubah menjadi wujud poppo akibat persekutuan dengan iblis.

Legenda Makhluk Jadi-jadian Hantu Poppo

Legenda yang telah dituturkan dari generasi ke geneari ini telah hidup selama berabad-abad yang lalu. Masyarakat Sulawesi Selatan dan sekitarnya mengenal  Poppo sebagai kutukan yang dikatakan sebagai penyakit menular. Artinya diturunkan dari kakek ke bapak, dan dari bapak ke anak. Demikian siklus itu terus berputar seperti lingkaran setan. Nyaris tak bisa diputuskan. Jika Kakeknya masih punya hutan pada setan akibat perjanjian, maka keturunannya harus membayarnya dengan nyawa mereka.

Dampak Ilmu hitam ini sungguh sadis, kematian bagi korbannya. Dapat secara langsung ataupun secara perlahan. Secara langsung, biasa dihisap darahnya atau dimakan dagingnya. Sementara secara perlahan adalah melalui gigitan  poppo. Mirip ular, saat menggigit, poppo sebenarnya juga menyeburkan bisa atau racun. Akibatnya, meski terlihat sehat, dalam jangka waktu dua bulan usai digigit, biasa korban akan sakit keras dan menemui ajal secara mengenaskan.

“Sebenarnya Poppo tak hanya menimbulkan kemalangan dan kesengsaraan bagi korbannya, para penekun atau pelaku ilmu ini juga sangat menderita. Namun karena tergiur harta dan kesaktian masih saja orang yang ingin mempelajari ilmu hitam dengan berbagai alasan. Sayangnya meski korban banyak berjatuhan, tapi aparat berwajib sampai sekarang sulit membuktikan dan menangkap pelakunya,” tegas Anwar.

poppo makhluk jadi-jadian
source : pr

Ciri-ciri Penganut Ilmu Hitam Hantu Poppo

Meski begitu, para pelaku poppo ini tidak memiliki ciri-ciri atau keanehan yang dapat dipakai sebagai penanda bahwa dia adalah poppo. Dalam keseharian mereka layaknya orang-orang kebanyakan. Bahkan umumnya pemilik ilmu poppo ini adalah orang-orang yang terpandang di kampungnya. Kedudukan sosial mereka juga lumayan bagus dengan ditunjang kemampuan keuangan yang memadai. Mereka umumnya memiliki rumah besar dan bagus namun berada dilokasi yang sedikit jauh dari perkampungan pada umumnya. Uniknya lagi, banyak orang menyakini, keluarga atau orang yang mempraktikkan ilmu poppo bisanya memiliki anak perempuan yang cantik-cantik. Konon dengan memanfaatkan anaknya ini mereka dapat dengan meraih korban-korbannya

Tapi semua pemandangan normal itu akan berubah 180 derajat manakala malam datang menjelang. Poppo akan keluar dan menjalankan aktivitas. Saat orang-orang desa bersiap-siap untuk beristirahat poppo justru bersiap-siap untuk mencari mangsa. Biasanya, jelang   perubahan wujud menjadi Poppo manusia tadi akan naik keatas bubungan rumahnya. Bisa juga naik ke lantai dua atau keatap rumah yang  letaknya paling terdepan dari rumah. Setelah poppo akan merogoh isi perutnya dan menyimpannya ditempat atau sebuah kantong yang memang sudah disiapkan sebelumnya.

Asal Muasal Nama Poppo

Setelah semua persiapan usai, maka poppo akan melompat dan terbang membumbung keangkasa dengan mengeluarkan suara Pok..pok..pok..pok di sepanjang angkasa yang dilewatinya. Konon nama poppo diambil dari suara yang dikeluarkan makhluk jadi-jadian ini saat terbang membelah angkasa. Kadang suara itu terdengar keras tapi kadang juga terdengar sangat pelan dan sayup-sayup. Poppo akan berkeliaran di  perkampungan dan desa  untuk mengintai mangsa.

Siapa Saja Yang Jadi Sasaran Hantu Poppo

Apakah ada wanita yang tengah melahirkan, bayi tanpa pengawasan, orang sakit yang mendekati ajal atau orang tua renta yang sudah tak berdaya lagi.  Naluri ilmu hitam poppo akan membimbingnya menuju mangsa yang mengeluarkan bau khas, seperti darah atau amis penyakit. Dan bila sudah menemukan korbannya, poppo   akan menghisap sebagian darah korbannya dan meninggalkan racun  Ilmu hitam di dalam tubuh korban yang dapat menimbulkan kematian.

Aktivitas ini akan berakhir, setelah poppo mendengar kokok   kokok ayam atau lamat-lamat adzan subuh atau menyembulnya cahaya surya di ufuk timur. Kalaupun masih tengah memangsa, poppo akan buru-buru meninggalkan mangsa dan bergegas terbang pulang. Jika pantangan ini dilanggar maka poppo akan terbakar dan mati mengenaskan. Tak hanya itu, kedoknya akan terbongkar dan keluarganya akan dibunuh atau diusir warga kampung. IC/VII/AND/12

Komentar Untuk Hantu Poppo, Cari Tumbal Demi Ilmu Kanibal