• Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Post category:Khasiat / Kuliner
  • Post last modified:15 Februari 2022
  • Reading time:4 mins read

Manfaat Daging Bulus dan nyaris semua bagian tubuh bulus mempunyai khasiat sebagai obat. Bukan hanya itu, beberapa bagian bulus juga diyakini mampu menjadi sarana penangkal black magic dan bala.

******************<>****************

Bau harum nan gurih itu menyebar keseluruh ruangan masak. Nyala api besar itu Nampak liar menjilati pantat wajan besar yang dipakai untuk membuat tongseng. Menu tradisional ini memang sangat digemari masyarakat karena cita rasanya yang nikmat dan bukan kaleng-kaleng. Tongseng ini bukan sembarang tongseng. Jika umumnya daging yang dibuat rongseng adalah kambing atau sapi, maka kali ini jenis daging yang dibuat tongseng adalah daging bulus.

Benar, tongseng bulus, memang tidak bisa dijumpai disembarang tempat. Hanya beberapa tempat makan khusus yang bisa menyajikan hidangan yang oleh sebagian orang disebut hidangan ekstrem ini.  Labi-labi atau bulus, memang memiliki penikmat tersendiri. Walau nama hewan yang satu ini kerap disandingkan dengan ungkapan-ungkapan negatif, sejatinya hewan ini memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Manfaat Daging Bulus

Apa itu Bulus dan Perbedaannya dengan Kura-kura

Labi-labi atau bulus berkerabat dekat dengan kura-kura dan penyu. Bedanya bulus hanya bisa hidup diair tawar. Meski begitu daya tahan hidupnya terbilang sangat kuat. Tubuhnya memiliki tempurung pelindung yang sangat kuat mirip kura-kura. Tempurung ini adalah sistem pertahanan bulus terhadap para predator. Meski begitu, daging bulus terbilang sangat nikmat untuk dikonsumsi.

Bagaimana Cara Pengolahan daging Bulus

Bulus harus dalam keadaan hidup bila hendak dikonsumsi manusia. Butuh keahlian dan pengalaman khusus saat menyembelih bulus. Ini karena, bulus memiliki gigi dan gigitan yang sangat kuat, bahkan gigitannya dapat memutuskan jari manusia dengan sekali hentakan.

perbedaan bulus dan kura-kura

Setelah disembelih, langkah krusial berikutnya adalah memisahkan isi perut dan kaki. Daging dibawah tempurung diambil sebersih mungkin dan potongan daging tersebut harus segera dicuci bersih dan disimpan di lemari pendingin. Setelah seluruh daging bersih dari tulang, tulang belulang bulus dapat dijemur untuk diambil minyaknya.

Tekstur daging Bulus

Daging bulus berbeda dengan daging kebanyakan. Daging bulus memiliki serat yang besar dan tebal, sehingga dibandingkan hewan lain, daging bulus terbilang paling keras alias alot. Disaran saat memasak bulus, dagingnya dipresto terlebih dahulu agar tidak merepotkan saat dikonsumsi.

Manfaat daging bulus untuk kesehatan

Olahan kuliner daging  bulus ini diyakini memiliki manfaat kesehatan seperti menjaga paru-paru, menurunkan demam, memperkuat stamina, menghilankan pegal-pegal serta meningkatkan vitalitas seksual. Dan satu lagi manfaat daging bulus yang telah diketahui masyarakat awam, yakni minyak bulus mampu menghaluskan kulit, menghilangkan flek hitam, jerawat luka bakar kulit keriput dan bekas luka lainnya serta mengencangkan otot kulit yang telah kendur, payudara yang kendur, mencegah selulit pada perut wanita usai melahirkan dan tentu saja alat vital pria agar siap ‘tempur.’

Khasiat Obat bagian tubuh Bulus yang lain

Tidak hanya dagingnya, jerohan bulus sejak lama juga dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit jantung. Hati jantung menjadi sarana kesembuhan bagi mereka yang menderita stress, sementara otak bulus banyak direkomendasikan bagi pasangan-pasangan yang belum dikaruniai momongan.

Manfaat daging bulus untuk kesehatan

Sementara otak bulus yang sudah dijemur hingga mencair, berguna untuk mengatasi pendengaran yang lemah. Tempurung bulus dibakar dan ditumbuk hingga halus dapat untuk mengobati rematik. Tempurung bulus yang dipecah lalu direbus bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan retak dan patah tulang serta baik untuk mengatasi osteoporosis.

Sebagai penangkal ilmu hitam

Bagi sebagian orang yang percaya, memajang tempurung bulus di atas pintu utama atau menanam di halaman depan rumah dapat menolak bala yang hendak masuk rumah. Secara tradisional, hati bulus dipercaya mampu menjadi saran untuk tangkal santet, guna-guna hingga pelet.IC/VI/AND/11

Komentar Untuk Manfaat Daging Bulus, Berbagai Khasiat Obat Hingga Tolak Bala