• Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Post category:News
  • Post last modified:29 Juni 2022
  • Reading time:2 mins read

Setelah rendang duluan ngetop, tempe akan menyusul sebagai bagian daripada gastro diplomasi atau ekonomi berbasis makanan,”

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI

***************

“Siapa setuju tempe menjadi warisan budaya dunia yang diakui UNESCO? Rendang sudah go international. Sekarang saatnya tempe ya, guys,” tulis Sandiaga di akun instagramanya. Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menginginkan tempe menjadi warisan budaya dunia yang diakui United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Ia nampak menulis beberapa kalimat yang mengkampanyekan olahan dari kedelai ini.

Sandiaga menganggap, upaya perjuangan ini harus dilakukan melalui promosi kuliner dan pariwisata International, sebagai salah satu bagian Gastro Diplomasi atau ekonomi berbasis makanan. Pada Weekly Press Briefing, Sandiaga menegaskan, rendang terlebih dahulu sudah menjadi warisan budaya dunia. Saatnya tempe yang sarat dengan kearifan lokal dan tentunya juka tidak kalah hebat dari rendang, ikut menjadi warisan budaya dunia.

Source: antaranews

“Harapannya, kita bisa membawa tempe dalam kegiatan promosi kuliner dan pariwisata di dunia internasional. Setelah rendang duluan ngetop, tempe akan menyusul sebagai bagian daripada gastro diplomasi atau ekonomi berbasis makanan,” ujar Sandiaga.

Tentu saja upaya ini akan berdampak besar pada penciptaan lapangan kerja para pelaku ekonomi kreatif kuliner yang menggunakan bahan dasar tempe, dan juga berdampak pada kesejahteraan para petani kedelai. Memastikan promosi tempe ke tingkat internasional, Sandiaga saat ini terus berkordinasi dengan banyak pihak untuk memperkenalkan tempe sebagai kuliner khas kebanggaan Indonesia.

“Tempe sebagai warisan kuliner budaya dunia terus kita kembangkan dengan berkordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait. Kita terus lakukan diskusi dengan kementerian perdagangan untuk memastikan kesiapan tempe dari segi suplainya maupun dari segi kualitas di pasar. Kita akan membangun tahapan, dan butuh kordinasi dari semua pihak,” pungkasnya.

 

Ingin tahu info-info tentang sejarah Indonesia, indonesia culture dan beragam budaya yang ada di negara ini. ayo kunjungi saja www.indonesiancultures.com disini kamu akan belajar banyak tentang budaya, adat yang pernah ataupun terjadi di Indonesia

Komentar Untuk indonesia culture, indonesian culture, budaya indonesia, adat indonesia