• Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Post category:News
  • Post last modified:28 Juni 2022
  • Reading time:3 mins read

Saat ini, pandemic covid-19 belumlah berakhir, penyebarannya masih tak terkendali. Hal ini tentu membuat semua kalangan masyarakat khawatir. Namun, khawatir saja tentu tidak cukup. Kita sebagai masyarakat juga harus mengimbanginya dengan tetap menjaga imunitas tubuh.

Banyak hal yang dapat la;ian lakukan, misal dengan makan makanan bergizi, olahraga, dan juga dengan mengonsumsi rempah untuk covid-19. Rempah ini bisa dibuat dalam bentuk minuman tradisional. Apa saja rempah tersebut? Berikut penjelasannya;

Jahe

Kalian bisa menjadikan jahe ini menjadi minuman “Wedang Jahe”. Cara membuatnya sangat mudah yaitu;

  1. Rebus air sampai mendidih, setelah itu masukkan jahe, kayu manis, dan sedikit garam. Jika ada serai, bisa juga dicampur ke dalamnya.
  2. Rebus semua bahan tersebut sampai tercium aromanya. Lalu, masukkan gula merah juga madu untuk menambah cita rasanya. Aduk- aduk hingga tercampur rata.
  3. Buat air rebusan hingga berwarna kekuningan.
  4. Angkat dan diamkan sampai air tersebut menjadi hangat. Saring lalu buang ampasnya.
  5. Sajikan dan segera minum selagi hangat.

Kunyit Asam 

Selain jahe, rempah untuk covid-19 lainnya yang bisa dibentuk menjadi minuman yaitu kunyit asam. Jadi, bagi kalian yang tidak suka jahe, bisa pilih minuman tradisional yang satu ini. Rasanya sudah pasti segar apalagi jika diminum saat hangat. Bagaimana cara membuatnya? Kalian bisa perhatikan step-step berikut;

  1. Iris tipis kunyit, kupas asam jawa secukupnya, dan siapkan juga gula merah dan gula pasir.
  2. Rebus semua bahan tersebut hingga warna air berubah.
  3. Saring rebusan dan tumbuk ampas rebusan tersebut. Jika terlalu padat, kalian bisa tambahkan air panas.
  4. Saring dalam gelas, dan nikmati selagi hangat. Jika ada sisa, bisa kalian simpan terlebih dahulu untuk diminum selanjutnya. Kunyit asam ini bisa dikonsumsi hangat ataupun dingin. Jadi, sesuai selera saja.

Wedang Secang

Selain wedang jahe dan kunyit asam, ada juga wedang secang. Untuk bahan-bahannya yaitu kayu secang, cengkeh, kayu manis, kapulaga, sereh, dan jahe. Cara membuatnya yaitu;

  1. Bersihkan semua bahan-bahan tersebut di atas.
  2. Bakar jahe dan memarkan, begitu juga dengan serehnya.
  3. Rebus air sampai mendidih. Lalu masukkan semua bahan sampai tercium aroma rempahnya.
  4. Hidangkan dalam gelas. Kalian bisa tambahkan madu atau gula batu agar rasanya lebih nikmat.

Itulah beberapa rempah untuk covid-19 yang dibuat dalam bentuk minuman tradisional segar. Untuk rasanya jangan ditanya, sudah pasti segar dan enak banget. Karena bahan-bahannya dari rempah, pastinya tanpa efek samping.

Selain itu, bahan-bahannya pun mudah untuk didapatkan dan harganya juga terjangkau. Cara buatnya juga mudah, tidak ribet. So tunggu apa lagi.

Yuk coba buat dari sekarang.

 

Ingin tahu info-info tentang sejarah Indonesia, indonesia culture dan beragam budaya yang ada di negara ini. ayo kunjungi saja www.indonesiancultures.com disini kamu akan belajar banyak tentang budaya, adat yang pernah ataupun terjadi di Indonesia

Komentar Untuk indonesia culture, indonesian culture, budaya indonesia, adat indonesia